Cara Backup Windows Recovery dan Cara Recovery Windows Original

Cara Backup Windows Recovery dan Cara Recovery Windows Original
Cara Backup Windows Recovery dan Cara Recovery Windows Original
 Seperti pada umumnya backup windows recovery itu sama semua cara kerjanya, baik menggunakan windows 10 maupun yang dibawahnya, semua akan di arahkan menuju control panel untuk mengambil windows recovery.

 Namun ada beberapa merek Laptop/Notebook, Desktop, dan AIO jaman sekarang sudah membuat aplikasi sendiri yang mana kalau mau backup windows recovery tidak perlu lagi susah paya mencari di control panel, hanya membuka aplikasi itu kita sudah langsung di arahkan untuk membackupnya.

 Bahkan bukan hanya itu keunggulan aplikasi yang mereka buat, kita bisa langsung tau tipe dan serial number komputer ketika membuka aplikasi itu, dan masih banyak lagi manfaat dari sebuah aplikasi itu.

 Disini saya menggunakan notebook Acer Aspire ES1-131 untuk mengambil windows recoverynya, untuk kalian yang memiliki laptop/notebook dengan aplikasi yang sama silahkan ikuti langakah di bawah!

 Backup Windows Recovery melalui Acer Care Center

Langkah 1: buka aplikasi Acer Care Center yang ada di desktop, kalau tidak ada silahkan lakukan pencarian lalu buka aplikasinya "terlihat seperti digambar"kemudian klik Recovery Management


www.jakkung.blogspot.co.id


Langkah 2: setelah muncul halaman baru kita diarahkan untuk memilih 2 pilihan yakni Restore atau Backup, dan dibalik pilihan itu masih ada dua pilihan lainya. Karena tujuan kita untuk mengambil file recovery maka klik Backup


www.jakkung.blogspot.co.id


Langkah 3: disini terlihat 2 pilihan yakni "Create Factory Default Backup" dan "Backup Wireless and LAN Drivers", (saya menyarankan untuk membackup keduanya ditempat yang berbeada agar menjaga driver wifi dan lan tidak terinstal normal nantinya kalian bisa instal manual drivernya), di Create Factory Default Backup klik Get started untuk mengampil windows recovery, dan akan muncul tampilan seperti digambar


www.jakkung.blogspot.co.id


Langkah 4: "Penting!!! media penyimpan sudah harus terpasang (HDD, SSD, FD, CD/DVD)" lihat gambar diatas, apa bila media penyimpanan sudah siap klik kotak kecil itu dan pilih Next, setelah itu tunggu proses pencarian sampai ditemukannya media penyimpanan yang kalian pasang tadi, ketika sudah terbaca klik Next sekali lagi lalu tunggu hingga Finish.

 Namun bila kalian tidak memiliki program yang sama kalian ikuti panduan dibawah!

 Backup Windows Recovery Melalui Control Panel

Langak 1: masuk ke control panel, cari recovery lalu klik nanti akan muncul 3 pilihan, pilih yang Create a recovery drive untuk melakukan backup file recovery, setelah anda klik akan muncul popup recovery drive centang kotak kecil untuk persetujuan lalu next


www.jakkung.blogspot.co.id


Langkah 2: "Penting!!! media penyimpanan file windows recovery sudah harus terpasang" setelah semua info diatas sudah di lakukan silahkan menunggu proses pendeteksian drive "disini saya menggunakan flash disk 16 Gb untuk menyimpan file master", setelah terdeteksi lalu next lagi


www.jakkung.blogspot.co.id


Langkah 3: nanti akan keluar pemberitahuan kalau isi dalam penyimpanan akan terhapus ketika anda klik Create, saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan media yang kosong sehingga file kalian tidak terhapus, dan menggunakan media yang tidak atau hampir rusak sehingga proses penyalinan sempurnah serta cepat. setelah anda klik Create tunggu sampai prosesnya selesai kemudian Finish.

 Namun bila kalian ingin membackup full beserta program dan data yang ada di drive C anda saat ini bisa menggunakan cara dibawah, cara ini hasilnya persis seperti cloning

 Backup Full, Windows Recovery, Data, dan Software

Langkah 1: masuk ke control panel cari Backup and Restore (windows7), setelah itu klik yang saya beri kotak merah


 www.jakkung.blogspot.co.id


Langkah 2: setelah anda klik akan muncul halaman baru yang memberikan informasi 3 pilihan yang bisa kalian ambil, disini saya mengambil menggunakan On one or more DVDs

  • On a rive disk: menyimpan file masternya di hardisk yang sama namun beda partisi
  • On one or more DVDs: bisa juga menggunakan CD/DVD
  • On a network location: disini yang dimaksud kita dapat menyimpannya ke server atau clien lain pada jaringan yang sama





www.jakkung.blogspot.co.id



Langkah 3: perhatikan gambar diatas!, setelah anda memilih lalu klik next, kemudian muncul lagi tampilan baru next sekali lagi dan akan sampai seperti yang anda lihat digambar bawah



www.jakkung.blogspot.co.id


Langkah 4: perhatikan gambar di langkah ketiga dalam pembahasan ini! klik "start backup" kemudian tunggu prosesnya sampai selesai, waktu yang dibutuhkan untuk membackup file master tergandung banyaknya data di pasrtisi, System dan kecepatan transfer dari komputer kalian.

 Cara Recovery Windows Original

 Setelah anda mengikuti salah satu langkah diatas silahkan restart komputer lalu masuk ke bios dengan menekan tombol "F2/Dell" kemudian setting dihalaman boot, apa bila anda menggunakan media flash disk buat urutan FD anda berada di posisi paling atas, begitu pula yang menggunakan HDD/SSD atau CDDVD kemudian save and restart tekan tombol "F10/F4", lalu tunggu hingga master recovery anda terbaca.

 Atau bisa juga langsung menekan tombol "Alt + F10" untuk komputer merk Acer, "F10" Asus, "F11" Hp, "F4" Samsung, "0" (nol) Toshiba, atau "F12/F7" untuk masuk boot menu lalu pilih media yang anda gunakan, kemudian tekan enter untuk masuk ke windows recovery yang anda backup sebelumnya.

 Setelah itu ikuti saja petunjuk yang diberikan, jangan sampai salah dalam memilih karena disana juga ada pengaturan untuk menghapus semua partisi yang ada di komputer kalian.

 Olalaa ternyata sudah panjang juga penjelasan saya, berhubung ini sudah siang bolong, dan sudah saatnya saya untuk istrahat, cukup sampai disini dulu ya tutorial ini Insha Allah dilain waktu akan saya jelaskan secara rincih bagai mana Cara Recovery Windows beserta gambarnya.

 Semoga saja ilmu sederhana diatas dapat membatu yang lagi menginginkan informasi ini, bila ada salah kata dalam penyampaian saya diatas mohon di maafkan, namun bila tutorial diatas bermanfaat silahkan di bagi keteman kalian sehingga ilmu ini tidak mubazir.
Advertisement