Cara Merawat Battery Laptop Agar Tetap Awet

Cara Merawat Battery Laptop Agar Tetap Awet
Cara Merawat Battery Laptop Agar Tetap Awet
 Cara Merawat Battery Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama menurut pengalaman saya, mungkin anda pernah menemukan atau menjadi korban cepat kalahnya battery laptop/notebook, dan ingin tahu cara merawat battery sehingga tidak cepat jebol.

 Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa cara merawat dan melindungi battery agar tidak cepat bermasalah sesuai apa yang pernah saya dapatkan dari keluhan atau informasi pelanggan ditempat saya bekerja saat ini, seperti yang kita ketahui hampir semua merk laptop atau notebook saat ini telah menggunakan battery tanam sehingga sangat rawan akan terjadinya kerusakan pada battery ataupun komponen lainnya dimotheboard.

 Baiklah agar anda tidak penasaran kini saya akan menjelaskan satu persatu langkah apa yang diambil agar Battery Laptop Tetap Awet dan Tahan Lama

  • Jangan Menunggu Battery Samapai Benar-Benar Habis 
Apa bila anda terlalu memaksakan battery tersebut pasti akan sungguh beresiko, saran saya sebaiknya yang anda lakukan yakni segeralah cas batterymu dimulai dari posisi 20% agar hal-hal yang tidak di inginkan tak terjadi, apa lagi sekarang telah banyak dipasaran laptop/notebook menggunakan battery tanam yang memiliki resiko sangat tinggi atas kerusakan.
  • Cabut Cas Bila Sudah 100 %
 Kebalikan dari penjelasan diatas, untuk yang satu ini sebaiknya ketika pengisian batterymu telah mencapai 100% sebaiknya segeralah lepas casmu sehingga tidak terjadi pembengkakan pada batterymu, karena apa bila kamu menggunakan laptop atau notebook battery tanam hanya cukup 3x saja anda melakukan hal tersebut pasti selebihnya akan terjadi hank, begitu juga kalau anda benar-benar menghabiskan daya di batterymu hanya cukup 3x saja, kalau toh bisa lebih dan masih aman berarti itu keberuntunganmu, tapi sebaiknya hindarilah hal-hal tersebut demi kebaikanmu.
  • Jangan Mencopot Battery Dalam Jangka Waktu Yang Lama
 Ada yang mengatakan "sebaiknya kalau menggunakan laptop dengan waktu yang sangat lama sebaiknya dilepas batterynya agar tetap aman" menurutku pemikiran ini keliru kenapa, karena apa bila battery tersebut di copot akan memiliki 2 resiko
  1. Battery akan lembab & sangat beresiko akan terjadinya kerusakan pada komponen didalamnya.
  2. Apa bila lampu padam pastinya Laptop/Notebook ikut mati karena tidak terpasangnya battery, dan pasti akan merusak komponen hadware didalamnya seperti Hardisk, Display, dan Motherboard.
  • Gunakan Adaptor Yang Original
 Gunakanlah adapto yang asli, karena bila anda menggunakan yang imitasi/Kw pasti akan berimbas fatal pada battery anda dalam kurun waktu singkat atau lambat, berbeda dengan yang aslinya memang tetap bermaslah namun pengalaman saya nanti bertahun tahun baru dia jebol.
  • Gunakan Adaptor Yang Tidak Cacat
maksud saya diatas ialah jangan menggunakan adaptor yang kabelnya sudah luka, melepuh/sudah berbau terbakar, adator yang telah berbau hangus, dan jangan gunakan saat adaptor masih basah.
  • Jangan Biarkan Lembab
 Battery lembab biasanya akibat disimpan dilemari atau di tempat dingin/sejuk, dan tidak digunakan dalam waktu cukup lama, (hati-hati, banyak pelanggan kami yang mengeluh atas masalah seperti ini padahal  mereka mengatakan hanya menyimpan selama seminggu sudah dapat masalah dibatterynya), biasanya juga karena kebiasaan melepas battery saat penggunaan lama, perlu anda ketahui bahwa battery lembab/dingin juga bisa merusak komponen battery didalam.
  • Jangan Sampai Jatuh atau Terbentur
 Tidak hanya hardisk, Display, dan Processor saja yang kalau jatuh, atau kena benturan bisa error, battery pun bisa ikut bermasalah bila mendapatkan masalah seperti itu, karena didalam tidak memilik pelindung.
  • Gunakan Software Bawaan Laptop/Notebook
 Beberapa laptop atau notebook keluaran terbaru telah disediakan sebuah program untuk melindungi battery agar tetap awet walaupun penggunaanya melebihi batas normal kerja, baiklah untuk anda yang ingin tahu cara settingnya silahkan ikuti petunjuk dibawah (tiap laptop/notebook beda programnya dan cara mengaktifkannya)
Lenovo

sumber gambar: www.jakkung.blogspot.co.id

 Silahkan anda search lenovo setting apa bila sudah ditemukan silahkan buka aplikasinya, lalu klik conservation mode "yang ada gambar battery", kemudian aktifkan 

sumber gambar: www.jakkung.blogspot.co.id


 Nah dengan begini sudah sesuai yang saya maksud sebelumnya.

Zenbook Sony Vaio

sumber gambar: www.jakkung.blogspot.co.id

 Sama seperti diatas silahkan anda cari Vaio Control Center seperti digambar, kemudian silahkan di On lalu pilih berapa persen yang kalian inginkan, dengan begitu secara otomatis akan bekerja.

 Mungin anda bertanya tanya bagaimana apabila sudah full battery seperti target dari program diatas apakah tidak akan berakibat fatal terhadap battery karena sudah full? ya jelas tidaklah karena laptop/notebook/zenbook anda telah menyetujui kesepakatan dari software tersebut maka aliran listrik bila battery sudah full nanti semua akan langsung diarahkan ke laptop anda, tanpa mempengaruhi listrik yang berada di battery mu.

 Memang begitulah kalau ingin battery tahan lama, kita harus selalu memperhatikannya sehingga segala kemungkinan buruk tidak terjadi, seperti yang anda ketahui lebih baik mencegah dari pada mengobati mungin pepatah itu cocok untuk artikel ini.

 Terimakasih atas kunjungannya di blog ini, mudah-mudahan informasi dari pengalaman saya ini bisa membatu anda kedepan, untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan fatal dalam waktu singkat.
Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page