Tutorial Recovery Windows 10 di Laptop HP

Tutorial Recovery Windows 10 di Laptop HP
Tutorial Recovery Windows 10 di Laptop HP
 Ada 2 cara untuk melakukan recovery windows di laptop merk HP yakni secara manual (dengan menekan tombol F11), dan menggunakan aplikasi HP Recovery Manager. cara pertama ini sedikit agak panjang prosesnya karena anda masih diarahkan dibeberapa persetujuan caranya persis seperti merecovery windows dilaptop pada umumnya.

 Cara pertama sudah banyak sekali tutorialnya yang dibuat oleh para sahabat Blog/Web, dan Youtubers makanya untuk cara itu saya tidak perlu menjelaskannya lagi, yang ingin saya buat tutorialnya kali ini yakni cara kedua menggunakan program yang telah disediakan.

 Merecovery dilaptop merk HP terbaru memang agak sedikit berbeda dengan yang lainnya, saya pun sempat bingung saat melihat pertama kalinya namun pada akhirnya sayapun paham maksudnya.

 Baiklah untuk menemukan HP Recovery Manager silahkan buka halaman search lalu ketikan nama tersebut! setelah muncul silahkan di klik "Next", setelah itu pilih "Ok" lalu muncul seperti gambar dibawah.
www.jakkung.blogspot.co.id
 Kemudian klik HP Recovery Environment, lalu muncul halaman baru klik saja "Ok", setelah itu silahkan menunggu hingga proses restar selesai!.

 Sebelum melakukannya lebih lanjut disarankan untuk mengisi daya batteray nya hingga selesai proses rocovery, apa bila anda tidak mengisinya maka pemberitahuan akan muncul seperti ini your computer is currently running on batteray power. this prosess requires the computer to be connected to its power adapter. connect your computer's power adapter, and then click ok to continue

 Setelah semua proses diatas dilakukan maka kita masuk ke halaman Recovery Manager, didalam halaman ini kita akan menemui beberapa pilihan yang bisa dipilih

  • System Recovery
  • Run Computer Checkup
  • File Backup
  • Show Contact Information
 Silahkan pilih yang mana anda inginkan!, kalau saya saat ini pilih yang paling diatas karena ingin mereset kembali laptop, setelah selesai memilih silahkan diklik saja tulisannya nanti akan masuk kehalaman berikutnya.


 Di halaman ini anda akan dihadapkan kembali dengan 2 pilihan yaitu:

  1. Backup Your File Firs
  2. Recover Whitout Backing Up Your File

  Backup Your File Firs

 Biasanya orang yang memilih pilihan ini adalah mereka yang tidak bisa masuk windows (system pada windows error), dan ingin menyelamatkan/mencadangkan data penting didalam sana, langkah-langkah untuk mencadangkan data anda bisa simak tutor dibawah ini!

Setelah anda mengklik Backup Your File Firs, anda akan diarahkan kehalaman file backup disana dihadapkan 2 pilihan lagi, dan bertanya ingin memilih metode apa untuk mencadangkan file.

  • Auto Celection
  • User Celection
 Bila memilih Auto Celection  maka anda hanya tinggal melakukan next saja terus hingga prosess selesai, kecuali ada data yang tidak dibutuhkan bisa anda lepas centangnya, namun bila yang dipilih User Celection maka anda mencari data secara manual dengan mengkilk Browse File dan mengunggu sampai prosess penindaian selesai.

 Untuk mengamankan data disana anda akan dipersilahkan untuk menyimpannya diluar menggunakan CD/DVD atau FD/HDD setelah itu lanjutkan terus sampai finish.

  Recover Whitout Backing Up Your File
 Setelah anda melakukan penyelamatan data maka kita akan melakukan Recovery Windows, dan dengan memilih Recover Whitout Backing Up Your File maka anda siap menghapus data yang ada dilaptop.

 Selanjutnya setelah mengklik perintah tersebut maka akan ada sebuah halaman baru klik saja "Next" lalu "Continue" , sehingga prosess akan segera dimulai.

 Prosess ini mungkin akan memakan waktu biasanya sampai 1.5 jam tergantung spesifikasi laptop anda, karena laptop anda akan menginstal windows, program standar seperti Antivirus, dan Drivernya, silahkan anda menunggu sampai perintah Recovery Is Complate, setelah perintah itu muncul silahkan kli finis lalu biarkan dia merestar otomatis.

 Setelah restar telah terjadi maka kita akan dihadapkan kembali pertanyaan silahkan untuk memilih!

  1. apa negara/wilayah asal anda
  2. apa bahasa aplikasi anda
  3. layout keyboard apa yang anda ingin gunakan
  4. anda berada di zona waktu apa


 Setelah anda mengatur perintah yang dianjurkan silahkan klik "Next", lalu muncul sebuah peraturan tertulis yang anda harus setujui dengan mengklik "Accept".

 Berikutnya akan muncul pemberitahuan baru yang mengajak kita untuk terhubung pada jaringan wifi, disini saya memilih "Skip This Step" sehingga akan mempersingkat waktu, namun bila anda ingin menghubungkannya  ya silahkan.

 Yang berikutnya akan muncul halaman baru lagi silahkan klik saja "Use Express Setting", dan tunggu beberapa saat sampai proses restaring selesai, setelah proses itu usai maka laptop akan meminta kita untuk memasukan nama account karena ini wajib dimasukan, kemudian memberikan izin kita untuk membuat pengamanan bila diinginkan, bila tidak dibutuhkan silahkan di abaikan saja lalu klik "Next".

 Lalu yang terakhir muncul halaman Register and Protect, dihalaman ini saya tidak terlalu menginginkannya makanya langsung mengabaikannya dengan mengklik "Next", sehingga bisa dengan cepat masuk windows normal, lagi pula setingan itu bila saya menginginkanya suatu saat nanti bisa di seting di kontrol panel.

 Demikianlah tutorial cara Recovery Windows 10 di Laptop HP, terimakasih untuk sahabat sejati blog Jejak Anak Kampung yang sudah lama menunggu artikel baru.

 Semoga tutorial sederhana diatas bermanfaat untuk kita semua, jika anda merasa tutor diatas bermanfaat jangan pernah sungkan untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Advertisement